Mengapa Harga Pasar Disebut Juga Harga Keseimbangan?

Daftar Isi

Dalam ilmu ekonomi, harga pasar adalah harga yang terbentuk melalui mekanisme pasar, yaitu interaksi antara permintaan dan penawaran.

Harga pasar sering disebut juga dengan harga keseimbangan karena pada harga tersebut, jumlah barang yang diminta oleh konsumen sama dengan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen.

Label Harga
Foto: Robert Couse-Baker / pxhere.com

Mengapa Harga Pasar Disebut Juga Harga Keseimbangan?

Pengertian Harga Pasar

Harga pasar adalah harga yang berlaku di pasar untuk suatu barang atau jasa tertentu pada suatu waktu.Harga pasar terbentuk melalui proses tawar-menawar antara penjual dan pembeli.

Penjual akan menawarkan barang atau jasanya dengan harga tertentu, sedangkan pembeli akan bersedia membayar harga tertentu untuk barang atau jasa tersebut.

Pengertian Harga Keseimbangan

Harga keseimbangan adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan antara kurva permintaan dan kurva penawaran. Pada harga keseimbangan, jumlah barang yang diminta oleh konsumen sama dengan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen.

Karakteristik Harga Keseimbangan

Harga keseimbangan memiliki beberapa karakteristik, yaitu:

1. Jumlah permintaan sama dengan jumlah penawaran

Pada harga keseimbangan, jumlah barang yang diminta oleh konsumen sama dengan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen.

2. Tidak ada kelebihan atau kekurangan barang

Pada harga keseimbangan, tidak ada kelebihan atau kekurangan barang. Jika harga terlalu tinggi, maka permintaan akan menurun dan jumlah barang yang ditawarkan akan melebihi jumlah barang yang diminta.

Jika harga terlalu rendah, maka permintaan akan meningkat dan jumlah barang yang diminta akan melebihi jumlah barang yang ditawarkan.

3. Stabil

Harga keseimbangan cenderung stabil karena tidak ada kekuatan yang mendorong harga untuk berubah.

Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan

Proses terbentuknya harga keseimbangan dapat digambarkan sebagai berikut:

  1. Penjual menawarkan barang atau jasanya dengan harga tertentu.
  2. Pembeli bersedia membayar harga tertentu untuk barang atau jasa tersebut.
  3. Jika harga yang ditawarkan penjual lebih tinggi dari harga yang bersedia dibayar pembeli, maka tidak ada transaksi yang terjadi.
  4. Jika harga yang ditawarkan penjual lebih rendah dari harga yang bersedia dibayar pembeli, maka terjadi transaksi.
  5. Proses tawar-menawar akan terus berlanjut hingga harga yang ditawarkan penjual sama dengan harga yang bersedia dibayar pembeli.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Harga Keseimbangan

Harga keseimbangan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

1. Permintaan

Harga keseimbangan akan meningkat jika permintaan meningkat, dan akan menurun jika permintaan menurun.

2. Penawaran

Harga keseimbangan akan menurun jika penawaran meningkat, dan akan meningkat jika penawaran menurun.

3. Biaya produksi

Harga keseimbangan akan meningkat jika biaya produksi meningkat, dan akan menurun jika biaya produksi menurun.

4. Preferensi konsumen

Harga keseimbangan akan meningkat jika preferensi konsumen terhadap suatu barang meningkat, dan akan menurun jika preferensi konsumen terhadap suatu barang menurun.

5. Harga barang substitusi

Harga keseimbangan akan menurun jika harga barang substitusi menurun, dan akan meningkat jika harga barang substitusi meningkat.

6. Harga barang komplementer

Harga keseimbangan akan meningkat jika harga barang komplementer meningkat, dan akan menurun jika harga barang komplementer menurun.

Kesimpulan

Harga pasar disebut juga harga keseimbangan karena pada harga tersebut, jumlah barang yang diminta oleh konsumen sama dengan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen. Harga keseimbangan cenderung stabil karena tidak ada kekuatan yang mendorong harga untuk berubah.