Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Pohon Dapat Mengurangi Kebisingan?

Ketika kita membayangkan pemandangan perkotaan yang sibuk, gambaran pohon-pohon rindang mungkin bukan hal pertama yang muncul dalam benak kita.

Namun, faktanya, pohon memiliki peran penting dalam meredam kebisingan perkotaan yang mengganggu.

Selain memberikan keindahan visual dan manfaat lingkungan lainnya, pohon-pohon yang tumbuh di sepanjang jalan dan area perkotaan membantu mengurangi tingkat kebisingan yang merugikan kesehatan dan kenyamanan kita.

Mari kita eksplorasi bagaimana pohon dapat berkontribusi dalam mengurangi kebisingan perkotaan.

High Line in New York
Foto: rawpixel.com/usda

Bagaimana Cara Pohon Dapat Mengurangi Kebisingan?

1. Penyerap Suara Alami

Pohon memiliki struktur yang mampu menyerap dan memantulkan gelombang suara.

Daun, cabang, dan batang pohon bekerja bersama untuk meredam suara bising dengan cara menyerap dan menghamburkan gelombang suara.

Permukaan daun dan struktur dahan membantu memecah dan mengurangi intensitas suara, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih tenang di sekitar area pohon tersebut.

2. Penghalang Visual dan Akustik

Pohon tidak hanya menjadi penghalang fisik yang membatasi pandangan, tetapi juga penghalang akustik yang efektif.

Mereka membantu memblokir atau menyalurkan suara sekitar, mencegahnya tersebar dengan bebas ke area yang lebih luas.

Dengan demikian, pohon membantu menciptakan zona perlindungan suara di sekitarnya, yang mengurangi dampak suara bising pada area sekitarnya.

3. Reduksi Kebisingan Lalu Lintas

Pohon-pohon yang ditanam di sepanjang jalan raya memiliki peran penting dalam mengurangi kebisingan lalu lintas.

Mereka membantu menyerap dan menghalau suara dari kendaraan bermotor, yang dapat mengurangi tingkat kebisingan yang mencapai pejalan kaki dan bangunan di sekitarnya.

Penanaman pohon di tengah median jalan atau di sepanjang trotoar dapat menciptakan bantalan suara alami yang membantu mengurangi dampak kebisingan lalu lintas.

4. Pengaruh Psikologis

Selain manfaat fisik, pohon juga memiliki pengaruh psikologis yang positif terhadap persepsi suara bising.

Suara alam yang diciptakan oleh angin berhembus melalui daun-daun pohon dan burung berkicau memberikan efek menenangkan dan mengalihkan perhatian dari suara bising kota.

Lingkungan yang ditinggali oleh pohon-pohon rindang sering dianggap lebih nyaman dan menenangkan, mengurangi stres dan kelelahan akibat kebisingan.

5. Peningkatan Kualitas Hidup

Kebisingan yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan tidur, stres, dan gangguan pendengaran.

Dengan mengurangi tingkat kebisingan, pohon-pohon membantu meningkatkan kualitas hidup penduduk kota.

Masyarakat yang tinggal di sekitar pohon-pohon yang rindang cenderung merasa lebih nyaman dan tenang.

Kesimpulan

Pohon memiliki peran yang sangat penting dalam mengurangi kebisingan perkotaan dengan cara menyediakan penghalang alami, menyerap suara, dan memberikan efek psikologis yang positif.

Penanaman pohon di area perkotaan bukan hanya upaya untuk menjaga lingkungan dan keindahan visual, tetapi juga solusi yang efektif dalam menghadapi tantangan kebisingan yang terus meningkat.

Mendorong inisiatif penanaman pohon dan pelestarian area hijau di perkotaan akan membawa manfaat jangka panjang bagi kesehatan dan kenyamanan kita semua.